Jumat, 10 Januari 2020

PAMERAN KARYA SENI RUPA


Seni Rupa 2 Dimensi adalah suatu karya seni rupa yang hanya mempunyai 2 sisi saja yaitu sisi panjang dan lebar, sehingga tidak mempunyai ruang karena tidak mempunyai unsur ketebalan.


Contoh Seni Rupa 2 dimensi seperti berikut :


1. Karya Lukisan 



































Judul : Caffe Terrace at Night
Pencipta : Vincent Van Gogh
Media :  Kanvas, cat minyak, palet, dan kuas
Ukuran : Tinggi 81 cm dan lebarnya 65,5 cm
Tanggal dibuat : 16 September 1888

Lukisan ini di buat dengan media oil on canvas. yang di buat pada pertengahan September 1888. Van Gogh melukis Cafe yang ada di Prancis ini, karena cafe ini sering ia datangi di kala ia sedang membutuhkan suasana yang hangat. Dalam cafe ini terdapat bangunan - bangunan tinggi yang ada di sekitar cafe tersebut. lalu juga Van Gogh menggambarkan suasana di cafe tersebut. dengan adanya seorang pelayan yang sedang melayani pelanggan, dan juga ada seorang pelanggan yang malam itu tidak terlalu ramai. suasanan di cafe itu ada beberapa kursi yang unik serta meja berbentuk bulat. ada lampu tempel di yang di taruh di samping dinding. lampu itu melengkapi manisnya cafe di Prancis yang sederhana namun menghadirkan kehangatan untuk para tamunya. bentuk dari cafe tersebut pun sangat elegan tidak mewah namun sekali lagi cafe itu menarik. ada gambar bunga pada awan yang seperti bintang.
Meski tidak dibubuhi tandatangan sang pelukis, van Gogh beberapa kali menyebut lukisan ini dalam surat-suratnya. Tak ada yang meragukan keabsahan lukisan ini sebagai buah karya dari van Gogh. Saat ini, “cafe Terrace at Night” disimpan di Museum Kroller-Muller di otterlo, Belanda.

2. Karya Poster






































Judul : Camille Stefani
Pencipta : Jules Cheret
Tahun dibuat : 1987
Ukuran : 17" x 24"

Poster ini dibuat dengan tujuan agar masyarakat mencegah terjangkit Penyakit demam berdarah dengan melakukan kegiatan 3M Plus, yakni mengubur barang bekas, menguras tempat penampungan air, menutup tempat penampungan air, hindari gigitan nyamuk, tidur memakai kelambu, dan memakai obat nyamuk

3. Karya Batik






































Judul : Batik Tulis
Media : Kain dan lilin
Teknik : Batik

Batik merupakan seni melukis yang dilakukan diatas kain dengan menggunakan lilin/malam sebagai pelindung untuk mendapatkan ragam hias diatas kain tersebut.
Batik tulis adalah kain yang dihias dengan tekstur dan corak batik menggunakan tangan. Pembuatan batik jenis ini memakan waktu kurang lebih 2-3 bulan.

4. Karya Logo
































Logo merupakan suatu gambar atau sekadar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari perusahaan, daerah, organisasi, produk, negara, lembaga, dan hal lainnya membutuhkan sesuatu yang singkat dan mudah diingat sebagai pengganti dari nama sebenarnya. Logo Merupakan Seni Rupa Terapan 2 Dimensi, yang berupa desain 

5. Karya Kaligrafi

Judul : Huwa Al-Jami' Bainal Bayn
Pencipta : Darwisy Ali
Media : Kuas, Tinta 

Seni Kaligrafi Adalah seni menulis indah yang dibentuk dengan mengutamakan keindahan yang terdapat pada bentuk huruf yang telah di modifikasi atau di gayakan sehingga mempunyai nilai estetika.

6. Karya Fotografi


Judul : Hinggap
Pencipta : Satria Adjie N (Pemilik Blog)
Media : Smartphone dan Lensa Macro
Tahun Dibuat : 2019

Fotografi dari bahasa Inggris: photography, yang berasal dari kata Yunani yaitu "photos" cahaya dan "grafo" melukis/menulis) adalah proses melukis/menulis dengan menggunakan media cahaya.
Foto ini saya ambil ketika Sebuah serangga kecil yang sedang Hinggap, saya mengabadikannya melalui kamera Smartpone saya.

Karya Seni Rupa 3 Dimensi


Karya seni Rupa 3 Dimensi adalah karya yang memiliki ukuran panjang, lebar dan tinggi dan dapat di lihat dari segara arah

Contoh Seni Rupa 3 Dimensi


1. Karya Patung 




















Judul : Patung Surabaya
Pencipta : (Arsitek : Sutomo Kusnadi) (Pemahat : Sigit Margono)
Tahun Dibangun : 1988
Ukuran : tinggi 25,6 m, tinggi dudukan patung 5 m, diameter 15 m.

Patung Ini Mengisahkan antara sura yaitu Hiu Dan baya yaitu Buaya yang selalu berkelahi karena berebut mangsa di lautan. Karena mereka lelah terus berkelahi, mereka akhirnya membuat kesepakatan dengan membagi kekuasaan, sura memiliki kekuasaan untuk memangsa di lautan, sedangkan baya memiliki kekuasaan untuk mencari mangsa di daratan.

2. Arsitektur Candi























Judul : Candi Borobudur
Pencipta : Gunadharma
Ukuran : luas dasar 123×123 meter, tinggi kini 35 meter, tinggi asli 42 meter (termasuk chattra)
Tahun dibangun : sekitar 770 Masehi hingga 825 Masehi

Borobudur (Candhi Barabudhur) adalah sebuah candi Buddha yang terletak di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Candi ini terletak kurang lebih 100 km di sebelah barat daya Semarang, 86 km di sebelah barat Surakarta, dan 40 km di sebelah barat laut Yogyakarta. Candi berbentuk stupa ini didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana  sekitar tahun 800-an Masehi pada masa pemerintahan wangsa Syailendra. Borobudur adalah candi atau kuil Buddha terbesar di dunia sekaligus salah satu monumen Buddha terbesar di dunia

3. Menara Ostankino













Judul : Menara OstankinoPencipta : Nikolai Nikitin
Tahun dibangun : 1963 - 1967

Menara ini memegang Struktur Bangunan Tertinggi Di Dunia untuk satu dekade sampai Menara CN di Kanada selesai dibangun pada tahun 2005. Saat ini Menara Ostankino masih memegang rekor yang sama untuk daerah Eurasia dan kini menjadi Menara Tertinggi Keempat Di Dunia.
4. Keramik




























Judul : Bangku Taman Keramik
Pencipta : -
Tahun Dibuat : Abad ke - 14
Teknik : Cetak

Bahan dasar keramik adalah tanah liat. Benda keramik dibentuk dengan berbagai teknik, antara lain teknik cetak, lempeng, pijit, dan pilin. Setelah dibentuk, kemudian diberi hiasan. Jika sudah melalui proses pengeringan, dibakar dengan suhu tertentu.

Bangku taman porselen dari masa dinasti Yuan-Ming abad ke-14 yang ditemukan di Aceh, Indonesia. Koleksi Museum Nasional Indonesia, Jakarta.

5. Gantungan Kunci



Judul : Gantungan Kunci
Pencipta : - 
Teknik : Ukir
Ukuran : 5-10 Cm

Gantungan Kunci Memiliki Fungsi sebagai Hiasan. 
Memikiki Keindahan tersendiri. Berukuran kecil namun menambah nilai estetika.


Sekian yang dapat saya sampaikan, jika ada kesalahan dalam penulisan atau tutur kata yang kurang berkenan saya mohon maaf yang setulus - tulusnya.
silahkan tinggalkan komentar 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MERANGKUM MATERI PAMERAN

PAMERAN KARYA SENI RUPA 1. PENGERTIAN PAMERAN Pameran adalah suatu kegiatan penyajian karya seni rupa untuk dikomunikasikan sehing...